Jumat, 07 Oktober 2011

gastrektomi.

Operasi gastrektomi pertamakali yang sukses dilakukan oleh Christian Albert Theodor Billroth pada penderita Therese Heller, wanita 43 tahun, dengan kanker pada pilorus, 29 Januari 1881 di Vienna, Austria. Operasi yang dilakukan adalah reseksi terbatas pada gaster, yaitu pilorektomi, dengan transeksi antrum hanya 20 mm proksimal dari batas tumor secara makroskopik dan 15 mm di bawah pilorus. Kemudian anastomosis duodenum dengan tepi dari luka gaster pada kurvatura minor. Kemudian Billroth melakukan anastomosis duodenum dengan tepi luka gaster di kurvatura mayor. Tipe operasi ini kemudian disebut sebagai gastrektomi dengan Billroth I. Penderitanya meninggal oleh karena metastasis tumor, empat bulan setelah operasi.(1,2)
Sebelum operasi Billroth yang sukses, prosedur yang sama telah dilakukan oleh Daniel Carr Theodor Marren yang berusia 20 tahun, pada anjing percobaan tahun 1809. Operasi yang pertamakali pada manusia dilakukan oleh Jules Pean, pada penderita dengan tumor pilorus, pada tahun 1879. Tehnik yang digunakan sama dengan operasi yang dilakukan Merren. Penderita meninggal lima hari setelah operasi. Walaupun tidak dilakukan otopsi, namun diduga karena kebocoran dari gastroduodenostomi yang dijahit semuanya dengan catgut. (1,2)
Ahli bedah, juga sebelum Billroth, Ludwig Rydygier yang berusia 29 tahun, melakukan pilorektomi pada kasus tumor pilorik pada tahun 1880. Penderita meninggal 12 jam setelah pembedahan.(1,2)
Tehnik gastrektomi selanjutnya disebut Billroth II, dilakukan oleh Billroth pada 15 Januari 1885 di Vienna, dan penderitanya selamat. Operasi ini dikerjakan dua tahap pada kasus dengan kanker pilorus yang obstruksi. Tahap pertama berupa anastomosis loop jejunal pada dinding anterior gaster proksimal dari tumor. Tahap kedua dilakukan setelah kondisi pasien membaik, berupa reseksi gaster distal dari anastomosis sekaligus dengan tumornya.(1)
Hidup tanpa gaster adalah mustahil merupakan kepercayaan para ahli bedah maupun orang awam. Namun kemudian, Schlatter, yang pada tahun 1887 melakukan pengangkatan gaster yang pertama secara sukses pada penderita kanker gaster. Sejak saat itu, rekonstruksi setelah total gastrektomi yang optimal terus dilakukan. (3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar